REVIEW: Wardah Perfect Bright Lightening Moisturizer UV Protection SPF 30 PA+++


Hi! Akhirnya aku kembali lagi. Hihi. Semoga setelah ini aku bisa konsisten ngeblog seminggu sekali ya! Di artikel ini, aku akan me-review salah satu produk sunscreen favoritku. Sebenarnya, produk ini adalah moisturizer yang memiliki SPF 30 dan PA+++. Jadi, sekaligus bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Kalian tahu kan bahaya UVA dan UVB untuk kulit? Apa kalian juga tahu kalau sunscreen merupakan produk anti-aging yang paling ampuh untuk kulit kita? Aku janji akan bahas tentang sunscreen panjang lebar di artikel khusus. Jadi, tunggu aja ya! Hihi.

Kalian sudah tahu kan, kalau sunscreen itu penting banget! Aku selalu mention kalau sunscreen itu penting di setiap review sunscreen yang aku buat. Haha. Kalau mau lihat review sunscreen lain, kalian bisa cek disini ya! Nah, sunscreen yang aku review kali ini adalah Wardah Perfect Bright Lightening Moisturizer UV Protection SPF 30 PA+++. Mungkin memang udah banyak yang review produk ini, but here's my version.

Wardah Perfect Bright ini, termasuk kategori physical sunscreen karena mengandung Titanium Dioxide. Kalau kalian pernah baca review sunscreen di blogku sebelumnya, kalian pasti udah tahu dong kalau aku suka dengan sunscreen bertipe physical karena nggak bikin mukaku yang sensitif dan mudah kusam ini jadi memerah kalau terkena sinar matahari. Untuk lebih memudahkan kalian, aku akan kasih ingredients list-nya di bawah ini:

Aqua, Ethylhexyl methoxycinnamate, Niacinamide, Methylbenzylidene Camphor, Propylene Glycol, Cetyl Alcohol, Titanium Dioxide, Glyceryl Stearate, Dimethicone, Stearic Acid, Butylene Glycol, Phenoxyethanol, Polyacrylamide, Stearate, Allantoin, Disodium EDTA, Fragrance, Citric Acid, Licorice Root Extract, Saxifraga Sarmentosa Extract, Scutellaria Baicalensis Root Powder, Dill

Ingredients di atas aku dapatkan dari web COSDNA. Bisa jadi ada bahan yang sudah nggak dipakai atau bahan tambahan lain di produk ini yang nggak masuk di web COSDNA itu. Hehe. Di produknya sendiri, ingredients list-nya ada di bagian box. Sedangkan box-nya sudah ku buang. Huhu. Tapi, ingredients list dari web COSDNA tadi juga bisa jadi patokan kok!

Menurutku, memeriksa ingredients suatu produk itu penting. Apalagi, kalau produknya punya bahan-bahan aditif yang sebenarnya nggak perlu dimasukkan, seperti fragrance. Kalian juga nggak perlu menghafal satu per satu bahan tersebut fungsinya untuk apa kok. Aku juga nggak tahu semuanya kali. Haha. Tapi, bahan-bahan itu bisa kalian cermati supaya kalau alergi, kalian bisa menghindari bahan-bahan yang sekiranya nggak cocok di kulitmu :)

Beralih ke masalah tekstur. Well, teksturnya sebenarnya sangat rich dan creamy. Jujur aja, agak susah untuk di-blend dan lengket. Tapi, hasil akhirnya bikin kulitku jadi glowy. Makanya, produk ini nggak direkomendasikan untuk kulit berminyak karena kulit kalian akan semakin berminyak nantinya. Alhamdulillah, meski kulit saya kombinasi, saya jarang sekali berminyak, jadi oke-oke aja pakai produk ini.


Selain itu, produk ini juga sedikit menimbulkan white cast di wajah. Mungkin kalau di gambar bagian atas, white cast-nya nggak kelihatan sama sekali. Tapi, nyatanya, ada sedikit...sedikit aja kok. Dan, weirdly I would say that I like it! Karena white cast yang sedikit, muka kusamku ini jadi terbantu. Hehe. Kalau pakai produk ini seharian, mukaku jadi nggak begitu kusam lagi.

Lalu, karena produknya termasuk dalam kategori physical sunscreen, mukaku jadi nggak merah lagi kalau terkena sinar matahari. Asal pakainya pun sesuai takaran. Karena produk ini sangat rich teksturnya, aku pakai hanya 1 jari (Biasanya aku pakai 2.5 jari). Tapi, walau hanya 1 ruas jari, mukaku nggak bakal merah-merah atau kusam kok!

Overview:
+ Tidak membuat wajah kusam
+ Membuat wajah jadi glowy
+ Tidak membuat wajah merah jika terkena sinar matahari
+ Physical sunscreen
+ Cocok untuk kulit normal - kering
+ Cocok untuk kulit sensitif (terutama, sensitif terhadap sinar matahari)
- Teksturnya terlalu rich
- Lengket
- Agak sulit untuk diratakan
- Tidak cocok untuk kulit berminyak
- Menimbulkan sedikit white cast

Score:
3.5/5

Price:

Around IDR 30.000

Will I repurchase?

Yes

Will I recommend this product?

Yes! Only for dry to normal skin

Where to buy?

Wardah counter/outlet, Supermarket, minimarket, drugstores, online stores


Yup. Yup. Sepertinya itu saja tentang Wardah Perfect Bright Lightening Moisturizer UV Protection SPF 30 PA+++ kali ini. Definitely, I will recommend this product untuk kalian yang memiliki kulit normal atau kering. Kalu untuk kulit berminyak, probably not :) Harganya juga sangat murah dan mudah didapatkan. Jadi, nggak ada salahnya kalian mencoba produk ini!

No comments

I like to hear your thoughts! So, don't hesitate to comment :)